Rabu, 27 Mei 2015

Nutrisi Ibu Hamil Trimester Pertama

Nutrisi Ibu Hamil Yang penting Untuk Perkembangan Janin - Memenuhi nutrisi untuk ibu hamil merupakan suatu hal yang penting untuk kesehatan janin dalam rahim. Ibu yang kekurangan nutisi dapat mengakibaatkan terganggunya perkembangan janin. Baik untuk kehamilan pada trisemester pertama, kedua maupun ke tiga. Mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi pada trisemester 1,2, dan 3 merupakan suatu hal yang harus dilakukan secara rutin.

Pada saat sedang hamil seorang ibu banyak membutuhkan makanan yang mengandung kalsium yang mencapai 1500 mg/hari, jauh lebih banyak dibandingkan saat sedang tidak hamil yakni 1000 mg/hari.

Pada saat hamil seorang wanita perlu makan lebih banyak untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya dan janin yang ada dalam rahim. Kehamilan dapat berpengaruh pada kesehatan fiik dan mental pada seorang calon ibu. Oleh sebab itu diperlukan nutrisi yang cukup untuk menjaga kesehatan ibu dan memelihara perkembangan janin ahar tumbuh sehat sampai lahir nanti. Berikut tips memenuhi nutrisi ibu hamil pada trisemester pertama, kedua dan ketiga seperti yang dilansir dari elifmedika.com.

Nutrisi Ibu Hamil Trimester Pertama (1) - (Minggu 1 s/d Minggu 12)

Kebutuhan Nutrisi Minggu 1 s/d Minggu ke-4

Pada periode kehamilan 1 sampai minggu ke-4, seorag ibu harus mengonsumsi nutrisi yang tinggi utnuk mencukupi kebutuhan kalori seorang ibu dan janin karena bertambah 170 kalori. Dengan mencukupi kebutuhan kalori membuat ibu hamil dapat menghasilkan energi yang cukup untuk mendukung terbentuknya janin. Ibu hamil setidaknya harus mengonsumsi 2000 kkal perhari pada trisemester pertama ini.

Kebutuhan Nutrisi Minggu ke-5 s/d Minggu ke-6

Setelah memasuki minggu ke-5 sampai ke-6 ibu hamil akan mengalami mual dan muntah. Untuk menjaga makanan tetap masuk dan tidak terganggu dengan rasa mual dapat disiasati dengan makan dalam porsi kecil namun sering.

Kebutuhan Nutrisi Minggu ke-7 s/d Minggu ke-8

Ibu hamil perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan kalsium untuk menujnag pembentukan tulang rangka janin yang berkembang pada periode ini. Kebutuhan kalsium Anda pada periode ini adalah 1000 mg/hari.

Kebutuhan Nutrisi Minggu ke-9 s/d Minggu ke-12

Pada minggu ke-9, pada minggu ini ibu hamil harus memenuhi kebutuhan asm folat sebanyak 0,6 grm/hari, dan juga perbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C untuk mendukung perkembangan jaringan tubuh janin, penyerapan zat besi dan , dan mencegah pre-eklampsia.
Pada minggu ke-10, Pada mingggu ini ibu hamil harus banyak mengonsumsi makannan yang mengandung bayak protein untuk mencukupi kebutuhan asam amino yang tinggi, asam amino berfungsi untuk membantu perkembangngan otak janin, ditambah kolinda n DHA untuk membentuk sel otak yang baru. 

Pada minggu ke-12, Pada minggu ini ibu harus memenuhi butuhan vitamin yang tinggu agar bayi tidak terlahir cacat. Vitamin yang dibutuhkan antara lain adalah vitamin A, B1, B2, B3, dan B6. Vitamin ini berfungsi untuk membantu perkembangan janin. Vitamin B12 dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah pada janin, Vitamin C untuk membantu janin dalam menyerap zat  besi, Vitamin D untuk pembentukan tulang, Vitamin E untuk metabolisme dan perbanyak konsumsi makanan yang mangandung banyak zat besi. untuk menghindari anemia (kurang darah).

Demikianlah Nutrisi Ibu Hamil Yang Penting Untuk Perkembangan Janin, semoga bermanfaat dan semoga Terlahir dengan sehat dan sesuai dengan harapan Anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar