Jumat, 29 Mei 2015

Manfaat Telur Untuk Kesehatan Yang Wajib Anda Ketahui

Banyak orang yang berfikir bahwa mengkonsumsi telur dapat menyebabkan beragam penyakit. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah, karena mengkonsumsi semua makanan, termasuk telur secara berlebihan dapat menimbulkan penyakit. Namun begitu, telur memiliki khasiat yang lebih besar daripada sekedar efek negatif picisan. Ingin tahu apa sajakah itu? Berikut sedikit ulasan mengenai manfaat telur untuk kesehatan.
Meningkatkan energi
Telur diteliti memiliki indeks memberi rasa kenyang yang tinggi. Dalam satu buah telur mengandung banyak sekali nutrisi, termasuk protein. Itu mengapa telur ini sangat baik untuk dihidangkan ketika sarapan, karena kandungannya dapat membuat tubuh terasa lebih berenergi dalam waktu yang lama. Selain itu, Anda juga bisa menggabungkan telur dengan jeruk. Buah jeruk disini berguna untuk melengkapi kebutuhan nutrisi akan vitamin Cyang tidak ada pada telur.
Meningkatkan zat besi
Kekurangan zat besi dapat menimbulkan banyak masalah, seperti mudah marah, sakit pada kepala dan cepat lelah. Fungsi dari zat besi sendiri adalah untuk membawa oksigen ke dalam darah, termasuk berperan pula sebagai pembentuk sistem kekebalan tubuh (imunitas). Selain itu, zat besi juga bermanfaat untuk meningkatkan energi metabolisme dan beberapa fungsi lainnya yang ada di dalam tubuh. Bahkan dalam banyak penelitian disebutkan bahwa zat besi yang terkandung di dalam makanan, termasuk telur memiliki kemudahan untuk diserap lebih besar dibandingka zat besi di dalam sebuah produk suplemen.

Makanan bergizi
Seperti yang disebutkan sebelumnya, manfaat telur untuk kesehatan berhubungan dengan banyaknya nutrisi yang terkandung. Bayangkan saja, Anda bisa mendapatkan 10 hingga 20% folat dan 20 hingga 30% vitamin A, E dan B12 dari sebutir telur. Bahkan dalam sebuah studi disebutkan bahwa orang-orang yang melakukan diet sehat tanpa telur biasanya kekurangan banyak jenis vitamin dan sebaliknya, pelaku diet yang memasukan telur pada salah satu porsi makanannya memiliki asupan gizi yang cukup.
Menurunkan berat badan
Bagi Anda yang memiliki badan gemuk, telur adalah makanan sehat yang efektif untuk menurunkan berat badan secara alami. Selain mengandung banyak nutrisi baik bagi tubuh, telur juga memiliki sifat mengenyangkan yang tinggi, sehingga dapat dijadikan pengganti untuk roti, gandum dan nasi. Selain itu, dengan mengkonsumsi telur, Anda dapat menekan keinginan untuk mengkonsumsi makanan sampah.
Meningkatkan kesehatan otak
Manfaat telur untuk kesehatan yang terakhir adalah sebagai sumber kolin yang tinggi bagi otak. Kolin sendiri adalah salah satu dari sekian banyak nutrisi yang terkandung pada telur. Senyawa ini berguna untuk memfasilitasi perkembangan otak pada bayi dalam kandungan (janin) dan bayi yang baru lahir. Selain itu, kolin juga berperan baik untuk meningkatkan fungsi memori, bahkan untuk orang-orang yang sudah berusia tua.
Selain itu, kolin pada telur juga dapat dijadikan cadangan nutrisi bagi ibu hamil dan menyusui. Bahkan banyak ahli yang merekomendasikan telur sebagai asupan baik untuk perkembangan otak janin.

Sumber: http://saransehat.com/579/manfaat-telur-untuk-kesehatan-yang-wajib-anda-ketahui/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar